large image
KEPALA SEKOLAH SPENDLU

Wa Ode Nurhafiah S.Pd
Nip.19760612 200212 2 010
KRITIK DAN SARAN
LINK TERKAIT
Peresmian SMP Negeri 20 Kendari oleh Bapak Walikota Kendari
Kategori Berita | Diposting pada : 2010-07-31 -|- 01:44:10 oleh Admin
Share this article on

Kendari,  (Antara News) - Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Asrun meresmikan penggunaan tiga sekolah negeri baru di kota itu yakni SMA 10 Kendari, SMP 19 Kendari, dan SMP 20 Kendari. Peresmian tersebut dipusatkan di kompleks SMP 20 Kendari yang terletak di Jalan Ruruhi Kelurahan Rahandouna Kecamatan Poasia dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendari, Kasman Arifin, para kepala sekolah dan dewan guru tiga sekolah itu.

"Peresmian tiga sekolah negeri ini merupakan momentum dalam upaya mencari solusi mengatasi kekurangan ruangan belajar di Kendari, dan memperpendek jarak peserta didik dengan sekolahnya," kata Asrun saat membacakan sambutan.

Menurut Asrun, perkembangan kota yang begitu cepat, orang masuk ke Kendari cukup tinggi, sehingga muncul tantangan pemerintah untuk siapkan prasarana seperti fasilitas pendidikan.

"Tetapi yang menjadi kendala selama ini adalah masalah lahan yang mahal. Kadang ada yang tawarkan untuk tanah hibah, tetapi belakangan malah menggugat tanah yang sudah dihibahkan tersebut," katanya.

Asrun meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari untuk segera menyelesaikan proses administrasi tanah tempat sekolah itu berdiri untuk disertifikatkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendari, Kasman Arifin, melaporkan bahwa tiga sekolah itu dibangun menggunakan dana APBN anggaran 2013, tetapi baru rampung 2014.

"Bangunan ini dikerjakan sekitar enam bulan lalu. Meskiun menggunakan dana APBN, tetapi pembebasan lahannya menggunakan APBD Kendari," katanya.

Walaupun baru diresmikan gedungnya katanya, tetapi izin operasional tiga sekolah itu sudah dibuka mulai tahun lalu, sehingga siswanya dititipkan ke sekolah terdekat.

"Siawa SMA 10 terletak di Jalan Boulevart Kelurahan Mokoau Kecamatan Kambu, siswanya saaat itu dititip di SMA 2 Kendari, sedangkan SMP 19 terletak di Kelurahan Wuawua Kecamatan Wuawua, siswanya saat ini dititp di SMP 17 dan SMP 4 Kendari, kemudian siswa SMP 20 Kendari dititip di sekolah terdekat," katanya.

SMP 20 Kendari katanya, menghabiskan dana Rp1,3 miliar, SMP 19 Kendari sebanyak Rp1,1 miliar dan SMA 10 Kendari Rp1,6 miliar.



Baca Juga Berita Lainnya
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK